20 Orang SEMAPUT Saat Upacara di Lubang Buaya


Upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Makasar, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2013), diwarnai insiden. Sebanyak 20 orang peserta upacara "tumbang" dan terpaksa dipapah keluar arena upacara.

Pantauan Kompas.com, insiden tersebut terjadi saat upacara yang dipimpin oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut memasuki menit ke-15 dengan agenda pembacaan ikrar Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPR Marzuki Alie.

Peserta pertama yang tumbang yakni dua orang siswa SD, satu orang laki-laki, dan satu orang perempuan. Keduanya yang mengenakan seragam putih-merah itu keluar dari barisan sambil memegang perutnya dengan wajah lesu.

Petugas tata tertib yang memantau dari belakang barisan pun dengan sigap memapahnya. Tak berapa lama, beberapa peserta upacara itu pun ikut bertumbangan. Terhitung, sebanyak 20 orang yang tumbang tersebut yakni 8 orang siswa SD, 4 orang siswa SMA, 3 orang siswa SMP, 3 orang anggota KNPI, dan 2 orang anggota Pramuka. Dari jumlah itu, sebanyak 4 orang terpaksa ditandu ke posko kesehatan.

Peserta upacara itu diketahui dari berbagai institusi, mulai dari TNI AU, TNI AD, TNI AU, KNPI, Pramuka, SD, SMP, SMA, dan Pramuka. Kondisi lapangan acara cukup disinari mentari sehingga kondisi memang panas.

Upacara selesai sekitar pukul 08.30. Hadir mendampingi Presiden dalam upacara itu di antaranya Wakil Presiden Boediono, Ibu Negara Ani Yudhoyono, Ibu Wapres Herawati Boediono, serta semua menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, seperti Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mendikbud M Nuh, dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menko Kesra Agung Laksono, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, dan Jaksa Agung Basrief Arief.

Dalam upacara ini, teks Pancasila dibacakan oleh Ketua DPD Irman Gusman. Dulunya, pada tahun 2012 teks Pancasila ini dibacakan oleh almarhum Ketua MPR Taufiq Kiemas. Sedangkan yang bertugas membacakan naskah UUD 1945 pada tahun ini adalah Ketua MPR pengganti Taufiq, Sidarto Danusubroto. Sementara Ketua DPR Marzuki Alie membacakan ikrar Kesaktian Pancasila. Seusai membaca, Marzuki langsung menandatangani ikrar tersebut. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Suryadharma Ali.


sumber | oke77.blogspot.com | http://megapolitan.kompas.com/read/2013/10/01/0902575/20.Orang.Semaput.Saat.Upacara.di.Lubang.Buaya?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwp


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR