Rekor, Saham Google Tembus Rp11,2 Juta per Lembar

Kampus Google di Los Angeles, AS [foto ilustrasi]
Nilai saham Google dilaporkan tembus US$1.000, atau setara Rp11,2 juta per lembar untuk pertama kalinya sejak perusahaan didirikan. Ya, ini adalah harga saham Google termahal yang pernah tercatat.

Melansir BBC, 22 Oktober 2013, total kenaikan saham dari perusahaan Internet itu mencapai 13,8 persen. Pencapaian di luar dugaan itu diperoleh setelah Google merilis laporan keuangannnya hari Jumat lalu.

Dari catatan Google, kenaikan laba bersih perusahaan meningkat sebesar 36 persen menjadi US$2,97 miliar, atau setara Rp336 triliun untuk periode Juli-September 2013.

"Pendapatan Google naik 12 persen setiap tahunnya," kata Larry Page, Pendiri Google.

Google menjelaskan, iklan online atau mobile advertising yang dibayar berdasarkan klik meningkat pesat dalam setahun terakhir. Para pengiklan akan membayar ke Google, apabila ada konsumen yang mengklik iklan mereka di Internet.

Selain dari iklan online, Google juga meraup keuntungan dari sistem operasi Android yang digunakan di berbagai macam ponsel dan tablet. Diperkirakan total jumlah pengguna Android di perangkat mobile sudah menyentuh satu miliar di dunia.

"Google juga mendapat keuntungan tambahan dari menjual aplikasi dan konten-konten lainnya di Google Play Store," kata seorang analis dari Jefferies.

Untuk diketahui, Google mulai melepas sahamnya pada Agustus 2004 dengan harga US$85, atau setara Rp950 ribu, per lembar. Saat itu, nilai pasar Google hanya sebesar US$23 miliar, atau setara Rp258,6 triliun.

Dalam kurun waktu sembilan tahun, total nilai pasar Google di tahun 2013 membengkak hingga US$334 miliar. Namun, meski begitu nilai kapitalisasi pasar Google masih berada di bawah Apple yang berjumlah US$461 miliar


sumber | oke77.blogspot.com | http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/453104-rekor--saham-google-tembus-rp11-2-juta-per-lembar


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR