Sejarah TERBENTUKNYA Danau Toba: Legenda Anak & Ibu Ikan

Danau Toba, Sumatra Utara (Foto: Dok.Okezone)Toba di Provinsi Sumatera Utara adalah salah satu destinasi wisata populer di Indonesia, dan terkenal hingga penjuru dunia. Saat ini, Danau Toba sedang menjadi tuan rumah Festival Danau Toba hingga akhir pekan ini.

Danau Toba memang memiliki banyak hal menarik di sekitarnya, tak hanya pemandangan indah tapi juga legenda yang hidup di sekitarnya. Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Indonesia.Travel:

Legenda Anak & Ibu Ikan, Cikal Bakal Danau Toba

Menurut penduduk setempat, ada legenda istimewa yang mengisahkan terbentuknya danau ini. Menurut kisah, dulu kala ada seorang pemuda miskin bernama Toba yang hidupnya bertani dan menangkap ikan. Suatu hari ia menangkap seekor ikan mas ajaib yang dapat berbicara layaknya manusia. Bingung dengan bentuknya yang tidak biasa, kemudian dia membawanya pulang dan ternyata ikan tersebut berubah bentuk menjadi seorang gadis cantik.

Ikan ini dikutuk karena melanggar aturan yang dibuat oleh para dewa sehingga mengubahnya menjadi seekor ikan. Si gadis yang berubah bentuk dari ikan itu meminta Toba agar tidak akan membocorkan rahasianya.

Toba bersedia memegang janji menyimpan rahasia itu asalkan si gadis mau menikah dengannya. Setelah disetujui maka Toba menikahinya dan gadis itu diberi nama Mina. Keduanya hidup rukun bahagia meski miskin dan memiliki seorang putra yang diberi nama Samosir.

Suatu hari, Toba diperintahkan ibunya mengantarkan nasi ke ladang untuk ayahnya. Mulanya, dia menolak. Akan tetapi, karena terus dipaksa maka dengan kesal ia mengantarkannya. Di tengah jalan, sebagian besar nasi dan lauk pauk itu dimakan Samosir, akibatnya dia terlambat tiba di ladang.

Toba marah pada anaknya tersebut. Karena terlambat dan menerima makanan yang tinggal sedikit, Toba memukul anaknya sambil mengatakan, “Anak kurang ajar, betul-betul kau anak keturunan perempuan yang berasal dari ikan!”. Seketika itu juga sang anak sambil menangis pergi menemui ibunya dan menanyakan apakah benar dirinya adalah anak keturunan ikan.

Mendengar hal tersebut, sang ibu pun terkejut karena suaminya telah melanggar janji. Mina kemudian melompat ke dalam sungai dan berubah kembali menjadi seekor ikan besar. Pada saat yang sama, sungai itupun meluapkan banjir besar dan turun hujan sangat lebat sehingga tergenanglah lembah tempat sungai itu mengalir air, Toba tak bisa menyelamatkan dirinya, ia mati tenggelam.

Desa sekitarnya terendam air yang meluap sangat tinggi dan luas sehingga membentuk sebuah telaga dan akhirnya membentuk danau raksasa yang dikenal dengan nama Danau Toba, sedangkan pulau kecil di tengahnya dikenal dengan nama Pulau Samosir.


sumber | oke77.blogspot.com |  http://travel.okezone.com/stories/2013/09/12/544/865175/legenda-anak-ibu-ikan-cikal-bakal-danau-toba


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR